10 Tempat Wisata terbaik di Samarinda Kalimantan Timur [Part 2]

Setelah sebelumnya kita telah melihat tempat wisata di kota Samarinda dari nomor satu sampai nomor lima. Kali ini kita akan melanjutkannya ke nomor 6 hingga 10. Yuk, kita simak ulasannya berikut ini:

10 Tempat Wisata terbaik di Samarinda Kalimantan Timur
10 Tempat Wisata terbaik di Samarinda Kalimantan Timur [Part 2]
6. Taman Rekreasi Lembah Hijau 
Obyek wisata ini ada tidak jauh dari Kebun Raya Unmul Samarinda, tepatnya di jalur Samarinda – Bontang KM 15. Di Taman Rekreasi Lembah Hijau ada camping ground, flying fox, tiruan rimba, kolam renang, arena bermain anak, gazebo, kolam pancing dan kafetaria. 

Selain jadi obyek wisata di Samarinda yang banyak dikunjungi oleh keluarga, taman ini dapat umum dipakai sebagai tempat outbound untuk anak sekolah dan karyawan dari banyak perusahaan. 

Ticket masuk ke Taman Rekreasi Lembah Hijau yaitu 5. 000 Rupiah per orang. Sedang untuk ticket outbound Anda dikenakan 180. 000 Rupiah per orang. 

7. Masjid Islamic Center Samarinda 
Masjid ini terdapat di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda. Di bangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada tahun 2008, Masjid Islamic Center jadi salah satu obyek wisata religi yang paling banyak dikunjungi di kota ini. 

Arsitektur masjid di inspirasi dari Hagia Sophia di Turki, umpamanya pada kubah besarnya yang bermotif. Masjid ini mempunyai satu menara paling utama setinggi 99 mtr. yang sesuai dengan asmaul husna, dan enam menara dengan ukuran lebih pendek yang melambangkan rukun iman. Selain itu, anak tangga menuju ke lantai paling utama masjid sejumlah 33 buah, jumlah yang sama juga dengan butiran tasbih. 

Tidak cuma jadi rumah beribadah, masjid ini dapat jadi obyek wisata. Banyak pengunjung dari luar kota yang datang untuk lihat kemegahan masjid ini. Saat malam hari, Masjid Islamic Center Samarinda tampak sangatlah cantik dari terlalu jauh dengan latar Sungai Mahakam. 

8. Kampung Tenun Samarinda 
Salah satu yang khas dari kota Samarinda yaitu kain tenunnya. Kain tenun khas Samarinda mempunyai motif kotak-kotak yang cantik. Bila mau beli kain tenun ini sebagai oleh-oleh, silahkan datang ke Kecamatan Samarinda Seberang. Ada dua kampung sebagai pusat kerajinan ini yakni Kampung Baqa dan Kampung Masjid. 

Ke-2 kampung ini jadi obyek wisata untuk pengunjung dari luar kota. Disini, selain beli kain, Anda dapat juga lihat sistem pembuatannya. Sistem pembuatan kain ini masih tetap sangatlah simpel lantaran terus memakai alat tenun bukanlah mesin yang dimaksud ‘Gedokan’. 

Untuk membuat sehelai kain tenun, diperlukan saat 3 hingga 7 hari sesuai sama tingkat kesusahan motif yang di idamkan. Tidak mengherankan bila harga nya dapat meraih beberapa ratus sampai jutaan rupiah untuk setiap helainya. Bila Anda mau motif yang tidak sama dari yang lain, Anda dapat memesannya terlebih dulu. 

9. Air Terjun Pinang Seribu 
Air terjun ini terdapat di Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara. Air Terjun Pinang Seribu mempunyai bentuk yang unik lantaran berbentuk undakan seperti anak tangga dan dapat dinaiki. Airnya mengalir tak terlampau deras hingga relatif aman untuk bermain berbarengan anak-anak. 

Selain bermain air, Anda dapat menyewa sepeda air seharga 15. 000 Rupiah untuk berkeliling danau buatan. Anda dapat juga membayar 10. 000 Rupiah untuk memancing di kolam sepuasnya. Disini juga ada banyak gazebo untuk bersantai sembari nikmati makan siang Anda. Bila masih tetap mau ada di obyek wisata ini lebih lama, Anda dapat bermalam di villa yang ada di lokasi ini. 

Ticket masuk Air Terjun Pinang Seribu yaitu 5. 000 Rupiah per orang. 

10. Pulau Beras Basah 
Pulau Beras Basah ada di Bontang, Kalimantan Timur, tepatnya di Selat Makassar. Diperlukan saat seputar 3 jam dari Samarinda untuk meraih obyek wisata ini. Lamanya perjalanan bakal terbayarkan waktu Anda lihat sendiri keindahan Pulau Beras Basah. 

Panorama pasir putih dan air jernih kebiruan bakal membuat Anda melupakan perjalanan panjang menuju kesini. Anda akan disambut oleh suatu mercusuar tinggi yang telah tidak terpakai. Keindahan pulau ini tidak cuma hanya pasir putih dan pemandangan pantainya, alam bawah laut Pulau Beras Basah tidak dapat ditinggalkan. 

Janganlah lupa membawa bekal lantaran pulau ini masih tetap alami dan tidak berpenghuni. Untuk penginapan, Anda dapat menemukannya di kota Bontang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tempat Wisata terbaik di Samarinda Kalimantan Timur [Part 2]"

Post a Comment