10 Tempat Wisata terbaik di Samarinda Kalimantan Timur

10 Tempat Wisata terbaik di Samarinda Kalimantan Timur - Samarinda adalah ibu kota Propinsi Kalimantan Timur. Kota ini dapat jadi kota dengan masyarakat terpadat di Kalimantan. Selama ini Samarinda di kenal dengan kain tenunnya yang bermotif kotak-kotak dengan beragam warna. Sebenarnya, kota ini memilliki banyak potensi pariwisata selain kain tenun khasnya. 

Bila dibanding beberapa kota lain di Indonesia, pariwisata Samarinda sedikit di kenal. Tetapi sesungguhnya kota ini mempunyai banyak obyek wisata yang layak dikunjungi. Berikut 10 obyek wisata di Samarinda yang tidak kalah dengan obyek wisata lain di Indonesia : 

10 Tempat Wisata terbaik di Samarinda Kalimantan Timur
10 Tempat Wisata terbaik di Samarinda Kalimantan Timur
1. Air Terjun Tanah Merah 
Air Terjun Tanah Merah ada di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarida Utara, atau seputar 14 km dari pusat kota Samarinda. Obyek wisata ini mudah sekali dibuka dengan kendaraan umum, Anda cuma perlu naik angkot jurusan Pasar Segiri – Sungai Siring. 

Air terjun dengan tinggi 15 mtr. ini termasuk unik. Air yang mengalir bakal tampak jernih dan bersih, tetapi waktu dibawah, air bakal beralih jadi keruh kemerahan. Hal semacam ini karena tanah disini berjenis gambut. Walau demikian, obyek wisata di Samarinda ini ada banyak dikunjungi wisatawan terlebih waktu akhir minggu. 

Bila tidak mau bermain air dan basah, Anda dapat duduk di gazebo sembari nikmati keindahan air terjun ini. Selain bersantai di gazebo, Anda dapat juga memuaskan perut di warung makan seputar. Bila membawa anak kecil, di lokasi air terjun ini dapat disiapkan ruang bermain anak. 

2. Desa Budaya Pampang 
Wisata budaya banyak diminati lantaran selain dapat lihat budaya setempat, Anda dapat juga belajar perihal budaya lain. Di Samarinda, ada suatu obyek wisata budaya popular yakni Desa Budaya Pampang. 

Desa ini ditempati oleh suku Dayak Kenyah. Pada akhir minggu, obyek wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan luar kota ataupun luar negeri. Setiap hari Minggu, pada jam 13 : 00 – 15 : 00 diselenggarakan pertunjukan seni di lamin atau gedung pertemuan desa. Gedung ini unik lantaran berbentuk rumah kebiasaan Dayak dengan ukiran khas suku. 

Menariknya, ketika tengah berjalan pertunjukan seni, semua warga desa bakal kenakan pakaian adatnya. Anda dapat juga menyewa baju kebiasaan untuk berfoto dengan latar rumah kebiasaan Dayak. Selain itu, di desa ini dapat ada toko suvenir yang jual bermacam kerajinan warga setempat. 

3. Kebun Raya Unmul Samarinda 
Kebun Raya Unmul Samarinda berjarak 10 km dari pusat kota Samarinda. Obyek wisata ini adalah rimba pendidikan punya Kampus Mulawaman, tetapi terbuka untuk umum. Pengunjung cuma perlu membayar 5. 000 Rupiah per orang untuk dapat masuk ke kebun raya ini. 

Di lokasi kebun raya, ada suatu danau besar yang dapat Anda kelilingi dengan menyewa sepeda air. Bila mau berkeliling lokasi ini, Anda dapat memakai andong. Selain itu, obyek wisata di Samarinda ini dapat mempunyai kebun binatang mini dan museum kayu yang diisi info tentang beberapa jenis kayu di Kalimantan. 

Kebun Raya Unmul Samarinda buka setiap hari terkecuali hari Jumat, mulai jam 09 : 00 hingga 16 : 00 

4. Telaga Permai Batu Besaung 
Obyek wisata di Samarinda ini adalah suatu lokasi hijau yang umum dipakai sebagai tempat berkemah. Walau tak berkemah disini, tetapi Anda maih dapat nikmati keindahan Telaga Permai Batu Besaung ini. 

Tanah di lokasi ini mempunyai ketinggian yang beragam hingga sungai yang melaluinya jadi mirip air terjun pendek. Anda dapat berendam dan bermain di tampungan airnya yang dangkal. Selain itu, Anda dapat juga jalan menjelajahi lokasi ini untuk lihat keindahannya. 

Telaga permai Batu Besaung cuma berjarak 15 km dari pusat kota Samarinda. 

5. Pulau Kumala 
Pulau Kumala adalah obyek wisata di Samarinda yang ada di dalam Sungai Mahakam. Pulau ini datang dari ingindapan lumpur sungai. Bila dipandang, memiliki bentuk memanjang mirip perahu yang terbalik. 

Obyek wisata ini dimaksud serupa dengan Taman Mini Indonesia Indah yang ada di Jakarta. Hal semacam ini karena Pulau Kumala juga melukiskan budaya Kalimantan dari mulai bangunan kebiasaan, candi dan juga patung lembu. 

Selain bangunan bernilai budaya setempat, disini juga ada wahana permainan moderen seperti sky tower setinggi 75 mtr., kereta mini, kereta gantung dan juga komemdi putar. Bila mau bermalam, ada DJS Resort yang menyediakan cottage dan kolam renang. 

Obyek wisata ini ada di samping barat kota Tenggarong, kabupaten Kutai Kartanegara, atau 27 dari kota Samarinda. Untuk meraih Pulau Kumala, Anda dapat menyeberang memakai perahu motor atau kereta gantung dari Tenggarong. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tempat Wisata terbaik di Samarinda Kalimantan Timur"

Post a Comment