Pendakian Gunung hingga Kawah Ijen di Banyuwangi

Pendakian Gunung hingga Kawah Ijen di Banyuwangi - Gunung Ijen yaitu suatu gunung berapi aktif yang terdapat di daerah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2. 443 m dan sudah empat kali meletus (1796, 1817, 1913, dan 1936). Untuk mendaki ke gunung ini dapat pergi dari Bondowoso maupun dari Banyuwangi. 

Untuk meraih gunung Ijen dari Banyuwangi, dapat mnenggunakan kereta Api ekonomi dengan maksud banyuwangi dan turun di station Karangasem kemudian naik ojek dengan maksud Kec. Licin Ds. Banyusari, dari Ds. Banyusari perjalanan dilanjutkan menuju Paltuding dengan menumpang truk pengangkut belerang. Atau Memakai Bus dan turun di Banyuwangi kota kemudian naik ojek dapat langsung ke Paltuding atau ke Ds. Banyusari dapat juga tetapi dengan memakai bus tarif yang di mengeluarkan bakal lebih mahal. Pintu gerbang paling utama ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen terdapat di Paltuding, yang juga adalah Pos PHPA (Perlindungan Rimba dan Pelestarian Alam). Alternatif rute yaitu Bondowoso - Wonosari - Tapen - Sempol - Paltuding. Sarana lain yang bisa di nikmati oleh pengunjung diantaranya pondok wisata dan warung yang jual kepentingan pendakian untuk melihat keindahan kawah Ijen. 

Pendakian Gunung hingga Kawah Ijen di Banyuwangi
Pendakian Gunung hingga Kawah Ijen di Banyuwangi
Dari Paltuding jalan kaki dengan jarak seputar 3 km. Lintasan awal sejauh 1, 5 km cukup berat lantaran menanjak. Beberapa besar jalur dengan kemiringan 25-35 derajad. Selain menanjak susunan tanahnya juga berpasir hingga menaikkan makin berat langkah kaki lantaran mesti menahan berat tubuh agar tak turun ke belakang. 

Kawah Ijen di Banyuwangi
Kawah Ijen di Banyuwangi
Sesudah beristirahat di Pos Bunder (pos yang unik lantaran mempunyai bentuk lingkaran) jalur setelah itu relatif agak landai. Selain itu wisatawan/pendaki di suguhi panorama jejeran pegunungan yang sangatlah indah. Untuk turun menuju ke kawah mesti melewati medan berbatu-batu sejauh 250 mtr. dengan keadaan yang terjal. 

KAWAH IJEN BANYUWANGI
Kawah Ijen yaitu suatu danau kawah yang berbentuk asam yang ada di puncak Gunung Ijen dengan tinggi 2368 mtr. diatas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 mtr. dan luas kawah meraih 5466 Hektar. Kawah Ijen ada dalam lokasi Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendakian Gunung hingga Kawah Ijen di Banyuwangi"

Post a Comment